KPU Lutra Mantapkan PPK dan Sekretariat PPK
Masamba, kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar rapat kerja dalam rangka pemantapan pelaksanaan tugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Remaja ini, juga mengikut-sertakan Sekretariat PPK pada hari Rabu (22/7).
Ketua KPU Luwu Utara Suprianto mengatakan bahwa rapat ini adalah pemantapan pelaksanaan tugas PPK dan Sekretariat pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara tahun 2015, "ini penting karena terkait dengan tugas dan wewenang sebagai Penyelenggara Pemilu," ujarnya.
Selanjutnya Suprianto juga menjelaskan, PPK adalah ujung tombak pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, apalagi banyak wajah baru sehingga perlu dilakukan pembekalan dan pemantapan yang lebih mendalam, karna Pilkada tahun 2015, banyak perubahan terkait dengan tugas PPK dan Sekretariat. Selain pemantapan PPK dan sekretariatnya, rapat kerja juga membahas tentang persiapan Bimtek Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) yang akan dimulai pada tanggal 23 s/d 25 Juli.
Suprianto menambahkan bahwa tugas antara PPK dan sekretariat adalah membantu KPU dalam pelaksanaan pemilu di tingkat kecamatan, sehingga harus bekerja sama yang baik, PPK sebagai pelaksana teknis dan sekretariat sebagai pelaksana administrasi.“Jadi saya harap masing-masing tau tugasnya agar jangan ada saling melampaui kewenangannya, sebagai PPK wajib mengetahui semua proses administrasi di sekretariat termasuk masalah keuangan, akan tetapi secara administrasi dipertanggung jawabkan oleh sekretariat,” tegasnya.
Sementara itu Sekretaris KPU Lutra H. Muh Ilyas menambahkan bahwa rapat kerja ini,untuk memberikan pemahaman tentang tugas Sekretariat dan PPK terkait dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka, baik itu sebagai PPK maupun sebagai sekretariat,sehingga mereka dapat bersinergi dalam melaksanakan tugas, dan tanggung jawabnya.(iqbal)
Bagikan:
Telah dilihat 4,744 kali